Food & TravelNews

Mangkokku Terus Membawa Kekuatan dan Simfoni Rasa di Industri Kuliner Indonesia

Mangkokku Startup Kuliner Indonesia

Sejak dibuka pada 2019 oleh Randy Kartadinata, Chef Arnold Poernomo, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming, Mangkokku telah tumbuh menjadi salah satu startup kuliner terbesar di Indonesia. Saat ini, Mangkokku memiliki 40 gerai yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung dan Malang dan menjual lebih dari 200,000 mangkok setiap bulannya. Secara keseluruhan, lebih dari 2 juta mangkok hidangan nasi telah disajikan ke pelanggan Mangkokku dalam dua tahun terakhir.

Kini memasuki tahun ketiga, selain memperkuat komitmennya untuk menjadi perusahaan startup  kuliner terbesar dan terdepan di Indonesia, Mangkokku juga mengumumkan tiga program kolaborasi dalam rangka perayaan ulang tahun kedua yang berdekatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia.

“Perjalanan Mangkokku dan industri kuliner  dari tahun 2020 hingga 2021 menjadi sangat menantang akibat pandemi dan restriksi sosial dari pemerintah. Namun, melalui adaptasi strategi serta beragam inovasi dan kolaborasi, Mangkokku berhasil mencatat pertumbuhan 8 kali lipat selama pandemi,” ujar CEO Mangkokku Randy Kartadinata.

Saat opsi menikmati kuliner di tempat (dine-in) tak lagi jadi pilihan utama, Mangkokku mengganti fokus ekspansinya ke layanan daring (online platform) dan cloud kitchen.

“Bagi kami, pembukaan gerai baru harus dilakukan dengan teliti karena setiap gerai harus punya kinerja yang baik agar Mangkokku bisa terus berkembang secara berkelanjutan,” jelas Randy.

Tahun ini, Mangkokku berencana menambah sekitar 35 gerai di di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Mangkokku juga melakukan adaptasi harga agar tetap terjangkau bagi masyarakat umum serta memperketat protokol kesehatan di setiap gerai, mulai dari disinfektan rutin, penggunaan alat pelindung, pemesanan dan pembayaran digital (touchless and cashless technology), serta penerapan wajib vaksin bagi setiap karyawannya.

Mengusung tema #JalanTerus, Mangkokku merayakan pencapaian dan ulang tahun kali ini melalui serangkaian program donasi, kolaborasi dengan Maximall Footwear, dan peluncuran menu kedua collaBOWLation.

Berkolaborasi dengan Halodoc, Mangkokku memberikan dukungan 3300 porsi hidangan kepada tenaga medis di Sentra Vaksinasi Halodoc. Makanan diberikan pada selama satu bulan dari 28 Juli hingga 28 Agustus 2021. Bersama produsen alas kaki lokal Maximall Footwear, Mangkokku melakukan kolaborasi lintas produk dalam bentuk merchandise sandal spesial edisi ulang tahun Mangkokku.

Mangkokku juga akan meluncurkan menu baru collaBOWLation yang merupakan hasil dari kolaborasi tiga chef ternama di Indonesia, yaitu Chef Arnold Poernomo, Chef Juna Rorimpandey, dan Chef Renatta Moeloek pada 17 Agustus, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Menu kali ini akan berisi hidangan pemersatu rasa bangsa, sajian khas nusantara yang biasa ditemukan diperayaan hari raya yaitu, Opor ayam creamy ciptaan Chef Renatta, tempe orek renyah dan gurih karya Chef Juna dan pelengkap rasa nikmat dari sambal rendang kreasi Chef Arnold.  (teks: des, foto: ist)

Comment here